Peningkatan Kompetensi Guru Untuk Efektivitas Pembelajaran Daring

Pandemi masih berlangsung menuntut pembelajaran tatap muka tidak dapat dilaksanakan sehingga pembelajaran daring menjadi andalan. Hal ini tentunya menuntut kemampuan penguasaan guru dibidang IT. Berbagai inovasi pembelajaran dilakukan agar tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan dapat tercapai. Hal inilah yang mendorong SMK Negeri 1 Solok mengadakan workshop Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Daring Melalui Workshop Aplikasi Google Classroom dan Sicadiak Pandai dengan mengusung tema “Berdamai dengan Pandemi, Berinovasi Dengan Teknologi”. Workshop ini dilaksanakan selama 4 hari terhitung hari Selasa s.d Kamis tanggal 21 s.d 24 Juli 2020 dan tentunya tetap memperhatikan protokol kesehatan yaitu menggunakan masker dan menjaga jarak sehingga peserta pelatihan dibatasi dalam 1 hari maksimal hanya 33 orang untuk setiap labor. Workshop secara langsung dibuka oleh Kepala SMK Negeri 1 Solok Bapak Drs. Efizal Arifin. Kepala sekolah berharap guru dapat mengikuti kegiatan workshop dengan aktif agar pembelajaran daring yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan efektif.

Sebelum pelaksanaan workshop guru secara mandiri juga telah mempelajari salah satu aplikasi yaitu google classroom. Guru saling berbagi tentang pemahaman dan pengalaman menggunakan aplikasi pada pembelajaran daring semester genap 2019/2020. Untuk pemerataan pemahaman makaworkshop ini ditujukan untuk menyediakan wadah kepada guru untuk mengembangkan pembelajaran menggunakan 2 pilihan aplikasi yaitu Google Classroom atau Sicadiak Pandai. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing dan tentunya sangat membantu dalam pelaksanaan pembelajaran Daring dimasa Pandemi ini. Kegiatan bersifat dari kita untuk kita maksudnya yang menjadi pemateri adalah guru SMK Negeri 1 Solok juga yaitu Bapak Afrinaldi dan Ibu Yulia Fransiska serta didampingi dengan beberapa orang guru yang telah paham dengan aplikasi tersebut.

Antusias guru dalam mengikuti workshop sangat tinggi karena, workshop ini sangat membantu guru dalam memahami aplikasi untuk pembelajaran daring yang akan digunakan. Hal tersebut terlihat dari tingginya atensi guru dan pada umumnya guru hadir tepat pada jadwal yang telah ditetapkan. Saat penyampaian materi guru aktif dalam mempelajari materi untuk setiap tahap yang disampaikan oleh pemateri.

Semoga pandemi ini cepat berakhir sehingga pembelajaran tatap muka seperti sebelumnya dapat dilaksanakan. “BERDAMAI DENGAN PANDEMI, BERINOVASI DENGAN TEKNOLOGI”

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2016 SMK N 1 KOTA SOLOK